Pengertian RAM dan ROM

RAM dan ROM adalah media penyimpan data yang ada di dalam sistem memori pada komputer, smartphone, dan perangkat elektronik lain. Dilihat dari pengertian ram dan rom, dua jenis penyimpan data ini berbeda. Perbedaan media penyimpanan RAM dan ROM ini bisa dilihat dari bentuk fisiknya, fungsi, dan juga cara kerjanya.

Sebuah komputer maupun smarphone sangat membutuhkan media penyimpanan untuk data dan instruksi. Sistem penyimpanannya terdiri dari RAM atau Random Access Memory dan ROM atau Read Only Memory. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai RAM dan ROM.

Pengertian RAM dan ROM Serta Fungsinya Pada Perangkat Elektroni

RAM dan ROM digunakan untuk spesifikasi dari sebuah perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer. Berikut adalah pengertian dan fungsi dari RAM dan ROM.

pengertian ram dan rom

Pengertian RAM

RAM atau Random Access Memory dikenal sebagai komponen di dalam komputer yang menyimpan data dan instruksi berbagai program atau aplikasi. RAM akan menyimpan data saat komputer mulai dioperasikan. Data tersebut akan hilang ketika perangkat komputer dimatikan atau saat kehilangan daya sehingga disebut sebagai memori jangka pendek.

RAM merupakan sistem penyimpanan yang dapat diakses secara acak atau random. Kapasitas RAM tersebut akan berpengaruh pada kinerja komputer dalam memproses data. RAM yang besar akan membuat loading komputer lebih cepat, seperti saat membuka data, menyimpan data, dan menjalankan program pada komputer.

Pengertian ROM

ROM atau Read Only Memory merupakan komponen penyimpanan data di dalam komputer secara permanen. Data yang tersimpan pada ROM tidak akan hilang atau berubah saat komputer kehilangan daya atau tiba-tiba mati. Hal tersebut adalah karena ROM ini ditopang oleh daya baterai kecil yang ada pada komputer.

Penyimpanan komputer ini adalah salah satu hardware atau perangkat keras yang berupa chip semi konduktor. ROM berisi data-data seperti program default dan hanya untuk dibaca saja.

Fungsi RAM

Sesuai dengan pengertian ram dan rom, media penyimpanan ini memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi dari RAM adalah untuk penyimpanan data sementara dari program yang dijalankan pada komputer. Data yang tersimpan pada RAM tidak bersifat permanen karena saat komputer mati, data tersebut akan hilang.

Fungsi lain dari RAM adalah untuk membaca data yang ada pada harddisk komputer. Informasi atau data pada hardisk dapat dibuka dengan bantuan RAM komputer. Kapasitas RAM akan berpengaruh pada kecepatan komputer dalam membuka atau membaca data. CPU komputer dapat memproses informasi dengan lebih cepat dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Penyimpanan sementara ini juga berfungsi untuk mendukung multitasking komputer. RAM yang besar akan membuat multitasking lebih lancar. Komputer dapat membuka 2 atau lebih aplikasi dengan lancar dalam sekali jalan. Sebuah komputer dengan kapasitas RAM yang lebih besar, akan jarang mengalami hang atau macet saat multitasking.

Fungsi ROM

Fungsi utama dari ROM adalah untuk penyimpanan data yang berhubungan dengan booting. Kode-kode booting yang ada pada ROM ini digunakan untuk memulai komputer atau laptop. Data-data yang disimpan pada ROM ini bersifat permanen dan tidak akan berubah atau hilang saat komputer mati atau tidak dialiri daya.

ROM juga berfungsi untuk penyimpanan software komersial. Biasanya saat membeli software, Anda akan memperoleh CD dan juga key untuk bisa melakukan aktivasi software tersebut. Alasan menggunakan ROM untuk penyimpanan software adalah karena data-data yang ada pada ROM akan lebih awet dan tidak rusak dibandingkan media penyimpanan lain.

Fungsi ROM secara umum adalah untuk media penyimpanan yang memiliki tingkat keamanan tinggi. ROM dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data-data penting agar aman dari virus. Fungsi ROM ini sangat berguna untuk keperluan pribadi seperti mahasiswa atau karyawan yang ingin menyimpan dokumen dengan lebih aman.

Jenis-jenis RAM

RAM adalah media penyimpanan sementara seperti yang disebutkan dalam pengertian ram dan rom. Pada komputer atau perangkat elektronik dapat menggunakan RAM dengan jenis dan ukuran yang beragam. Jenis-jenis RAM yang digunakan antara lain DRAM, SDRAM, DDRAM, RDR RAM, S RAM, dan EDO RAM.

Dynamic RAM atau DRAM adalah penyimpanan media sementara pada komputer yang perlu dilakukan refresh berkala agar datanya tidak hilang. DRAM memiliki kelebihan seperti desain yang sederhana, biaya produksi rendah, dan kecepatannya cukup baik. Kekurangan dari DRAM adalah konsumsi daya yang cukup tinggi.

Sychronous Dynamic atau SD RAM adalah pengembangan dari DRAM yang sudah melalui sinkronisasi clock system. Kemampuan penyimpanan datanya lebih cepat dari DRAM.

Double Rate RAM atau DDR RAM adalah media penyimpanan dengan teknologi yang lebih canggih dari SD RAM. DDR RAM banyak dijual dan tersedia dalam beberapa generasi mulai dari DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, dan bisa saja berlanjut ke generasi terbaru lainnya.

Ada juga jenis RDR RAM atau Rambus Dynamic RAM yang memiliki kemampuan lebih baik dari SD RAM. Jenis RAM ini banyak digunakan pada pentium 4 dengan kinerja yang lebih cepat. Namun harganya lebih mahal dari SD RAM.

Jenis RAM selanjutnya adalah S RAM atau Static RAM. Penyimpanan ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam menyimpan data dibanding D RAM maupun SD RAM. Tidak memerlukan refres untuk menyimpan data secara terus menerus.

Jenis RAM lainnya adalah EDO RAM atau Extended Data Out RAM. Jenis memori yang sering digunakan pada perangkat OS pentium ini dapat menyimpan dan mengambil data pada satu waktu sekaligus.
Jenis-jenis ROM

ROM merupakan penyimpanan data permanen yang ada pada komputer. Selain itu, ROM juga menjadi alternatif penyimpanan untuk data-data penting hingga rahasia agar lebih aman. Pemilik atau perusahaan komputer dapat menyimpan data seperti software default menggunakan ROM. Beberapa jenis ROM yang tersedia antara lain Stock ROM, Custom ROM, dan Carrier Stock ROM.

Carrier Stock ROM juga dikenal dengan sebutan Manufacturer ROM. Jenis ROM ini menyimpan data default dari pabrik atau operator jaringan. ROM sering digunakan untuk android dengan tujuan untuk penambahan custom aplikasi android. ROM hanya dapat diisi satu kali selama digunakan dan tidak bisa diubah-ubah isinya.

Jenis ROM yang dapat dicustom dan dimodifikasi sendiri adalah Custom ROM. Cocok untuk dimanfaatkan sebagai media penyimpanan data-data penting dan rahasia. Banyak perusahaan yang memanfaatkan fungsi dari jenis ROM yang satu ini. Selain itu, Custom ROM juga sering digunakan oleh pengembang aplikasi atau orang yang suka mengotak-atik komputer.

Selanjutnya ada Stock ROM yang berfungsi penyimpanan untuk data default perusahaan. Data yang disimpan dalam ROM ini biasanya merupakan bawaan pabrik yang belum dimodifikasi. Stock ROM menjadi tampilan standar dari pabrik yang belum diubah atau dimodifikasi oleh pengembang. Jenis ROM ini umumnya digunakan pada perangkat smartphone.

Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian ram dan rom serta fungsinya pada sebuah perangkat elektronik. Media penyimpanan ini sangat menentukan kinerja dari perangkat elektronik tersebut.

You May Also Like

About the Author: Novi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *