Pengertian Prosesor dan Fungsinya

Pengertian Prosesor – Sering kali bagi orang-orang yang mengerti soal teknologi ketika akan membeli sebuah perangkat komputer pasti hal yang pertama kali ditanyakan adalah tentang prosesornya. Ya, prosesor yang terdapat pada sebuah perangkat, baik itu komputer maupun smartphone memang menjadi salah satu komponen utama yang penting untuk diperhatikan. Lantas mengapa komponen ini disebut penting? Karena tanpa adanya prosesor, suatu perangkat tidak dapat beroperasi dengan baik.

Prosesor merupakan pemegang kendali pada sebuah komputer dan juga smartphone. Hal ini dikarenakan fungsi prosesor sebagai otak dari sebuah komputer. Kehadiran prosesor dalam mengatur manajemen arus data dapat menghindari stack data yang kerap terjadi pada operasi sistem. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengertian prosesor dan fungsinya, maka simak penjelasan di bawah ini.

pengertian prosesor

Pengertian Prosesor

Secara umum, prosesor dapat diartikan sebagai otak pada komputer. Orang awam cenderung menyebut prosesor dengan sebutan CPU atau Centra Processing Unit. Jadi, CPU merupakan chip yang berupa integrated circuit dengan fungsi mengontrol keseluruhan sistem komputer pada saat menjalankan instruksi. CPU juga menjadi pusat dari kegiatan dalam menjalankan tugas input serta output pada sebuah komputer.

Prosesor sendiri terletak pada soket yang ada di motherboard. Tujuannya adalah untuk mengelola dan melakukan komunikasi. Maka dari itulah, prosesor disebut sebagai komponen utama yang sangat dibutuhkan oleh komputer supaya perangkat tersebut dapat bekerja dan berfungsi dengan baik. Hal ini karena nantinya setiap komponen akan saling bekerja sama dan berhubungan satu sama lain.

Bagian-Bagian Prosesor

Proses memiliki tiga bagian penting yang harus Anda ketahui, dimana setiap bagian juga memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Berikut ini tiga bagian penting dari sebuah prosesor:

1. ALU atau Aritcmatics Logical Unit
Bagian ini berfungsi melakukan seluruh perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai instruksi pada program.

2. CU atau Control Unit
Control Unit berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data input dan juga data output.

3. MU atau Memory Unit
Memory Unit berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil dengan akses kecepatan yang cukup tinggi.

Fungsi Prosesor

Setelah kita tahu tentang pengertian dan juga beberapa komponen penting dari prosesor, berikut adalah penjabaran tentang fungsi daripada prosesor yang bisa Anda ketahui!

Menjalankan Pemrosesan Informasi di Perangkat Komputer

Fungsi pertama dari prosesor adalah untuk menjalankan pemrosesan informasi yang terdapat pada sebuah komputer. Salah satu bagian terpenting yang terdapat dalam sebuah komputer adalah komponen informasi, dimana komponen ini tidak dapat bekerja tanpa adanya prosesor. Prosesor akan memproses segala informasi yang masuk ke dalam komputer dan segala informasi itulah yang akan dipegang oleh prosesor.

Mengintegrasi Seluruh Komponen Internal Komputer

Fungsi lain dari proses yaitu untuk mengintegrasikan seluruh komponen internal yang terdapat pada komputer. Adapun komponen internal tersebut antara lain RAM, VGA, chipset, hardisk, dan lain sebagainya. Seluruh komponen tersebut dapat bekerja dengan baik apabila terintegrasi satu sama lain. Oleh karena itulah, prosesor berfungsi sebagai penghubung antara berbagai komponen.

Mencegah Overlapping pada Komponen Komputer

Sebagai otak dari sebuah komputer, prosesor juga mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya overlapping pada komponen komputer. Oleh karena itu, pada saat Anda mengakses data atau informasi tertentu, prosesor ini akan memastikan komponen yang berkaitan dengan pengambilan data dapat berfungsi dengan baik, yaitu komponen hardisk. Bukan komponen lainnya.

Menjaga Performa Komputer

Prosesor sering dianggap sebagai salah satu indikator yang memengaruhi kinerja komputer. Semakin banyak inti yang terdapat pada prosesor dan semakin tinggi tingkat kecepatannya, maka kinerja komputer akan semakin cepat. Spesifikasi yang tinggi pada prosesor juga dapat mendukung komponen lainnya dan dapat menjadi tolak ukur performa komputer. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi komponen lainnya.

Mengolah Perhitungan Algoritma

Sebuah komputer hanya dapat berjalan dengan mengandalkan perhitungan algoritma yang diatur sedemikian rupa. Nantinya komputer akan membaca apa saja yang diperintahkan oleh user. Hal inilah yang membuat komputer dapat berjalan dengan baik.

Memastikan Komputer Bekerja dengan Baik

Prosesor juga berfungsi untuk menjaga komputer dapat bekerja dengan baik. Hal ini tentunya berhubungan dengan fungsi daripada prosesor sebagai media integrasi pada setiap komponen yang terdapat pada sistem komputer. Dengan begitu, maka komputer akan terhindar dari malfungsi, seperti corrupt dan error.

Menjaga Stabilitas Komponen Komputer

Fungsi dari prosesor adalah untuk menjaga stabilitas dan kualitas dari keseluruhan komponen komputer yang bekerja. Tentunya hal tersebut berhubungan dengan kemampuan prosesor dalam menjaga daya arus listrik guna mencegah terjadinya overvoltage.

Jenis-Jenis Prosesor

Terdapat berbagai macam jenis prosesor yang banyak digunakan pada komputer. Berikut ini adalah beberapa jenisnya.

Intel Prosesor

Jenis prosesor yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer. Intel prosesor merupakan jenis prosesor yang sangat terkenal karena mayoritas komputer menggunakan prosesor jenis ini. Intel merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berdiri tahun 1968 dengan pusat pengembangan produksinya di Amerika Serikat. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga dikenal sebagai produsen yang merancang microprocessor.

Anvanced Micro Processor (AMD)

Secara umum, penggunaan AMD prosesor masih berada di bawah intel prosesor. Namun, pihak perusahaan AMD masih terus melakukan pengembangan produk untuk meningkatkan kualitasnya. AMD adalah sebuah perusahaan terbesar kedua yang fokus memproduksi prosesor untuk perangkat komputer. Pusat pengembangan AMD berada di California dan menjadi perusahaan penyuplai global microprocessor.

ARM Processor

ARM processor adalah sebuah perusahaan yang memproduksi arsitektur processor hingga 32 bit. Adapun pusat pengembangan produksi ARM processor berada di bawah izin ARM Limited. Jenis prosesor yang satu ini banyak digunakan pada smartphone. Jadi, tidak heran jika ARM processor banyak tertera di berbagai merk smartphone.

Cyrix Processor

Cyrix adalah perusahaan yang fokus pada pengembangan pada microprocessor komputer. Perusahaan ini berdiri dan mulai memproduksi prosesor pada tahun 1988. Adapun pusat produksinya berada di kota Texas. Bagi Anda yang belum tahu, Cyrix adalah pemasok prosesor yang memiliki performa lumayan tinggi.

Transmeta Processor

Transmeta merupakan perusahaan yang sudah sejak lama melakukan pengembangan di sektor semi konduktor microprocessor dan pusat produksinya berada di California.

Apple Processor

Apple processor berada di bawah lisensi Apple Inc. Perusahaan multinasional ini memproduksi berbagai macam prosesor yang fokus pada sektor recouce, perancangan, dan juga penjualan produk elektrik pada perangkat lunak. Apple processor diproduksi di Silicon Valley, California.

IBM Processor

IBM adalah perusahaan yang memproduksi dan menjual berbagai macam hardware dan software komputer. Perusahaan ini telah beroperasi sejak 1888. Beberapa prosesor yang diproduksi oleh perusahaan ini antara lain adalah Pentium Pro, Pentium classic, Pentium II Xeon, IBM POWER series, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian prosesor, bagian, fungsi, dan juga jenis-jenis prosesor. Ulasan tersebut akan membuat pengetahuan Anda tentang prosesor dan dunia perkomputeran meningkat. Jadi, pastikan Anda membaca dengan seksama, ya.

You May Also Like

About the Author: Novi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *